nah di bawah ini adalah tutorial cara membuat sebuah TV mengguanakan 3D Max .
1
Membuat TV menggunakan Editable Poly
Membuat
TV dengan Teknik Box Modelling
- Untuk persiapan, buatlah rak TV dengan Box, menggunakan parameter sebagai berikut:
- Aktifkan
checklist AutoGrid, lalu buat
box di atas rak TV.
- Agar pekerjaan fokus pada TV, aktifkan Box TV, klik menu Edit > Isolate Selection (Alt+Q).
Maka semua objek hilang kecuali Box TV. Jika ingin tampil normal, klik
tombol Exit Isolation Mode.
- Kita akan merubah Box menjadi TV, klik panel Modify > Modifier List : Edit Mesh.
Kini Box terdiri dari 5 sub object, aktifkan modus Polygon, pilih Polygon bagian depan.
- Pada Command Panel, cari tombol Bevel,
Drag polygon bagian depan
tersebut lalu geser mouse sedikit, sehingga Polygon menjadi bingkai
emboss.
- Klik Polygon layar TV, klik tombol Exterlude, Drag
polygon layar TV tersebut ke dalam TV, sehingga Polygon menjadi Layar TV
Flat.
- Putar pandangan Viewport Perspective dengan tool Arc Rotate . Dengan cara yang sama, gunakan tombol Bevel untuk membuat bagian
belakang TV semakin mengecil.
Memisahkan Layar TV
dari Box dengan Detach
- Tampilkan kembali TV bagian depan dengan tool Arc Rotate . Kemudian aktifkan Polygon Layar TV
dengan tool Select Object .
- Pada Command Panel, klik tombol Detach,
agar polygon tersebut terpisah dari Box TV.
- Kembali ke modus Edit Mesh,
karena polygon telah terpisah, Anda dapat menggeser Layar TV dengan tool Select and Move .
Memberi Material
Layar TV dengan Bitmap
- Klik menu Rendering > Material editor (M),
- Pada list
Diffuse Map, Klik Tombol None,
kemudian pilih Bitmap, OK.
- Kemudian browse
file gambar yang Anda inginkan untuk dijadikan Layar TV.
- Pada Material Editor, Drag
slot yang telah kita isi ke objek Layar TV, jangan lupa aktifkan icon Show Map in Viewport , agar gambar Bitmap tampil di
viewport.
Contoh Hasil Akhir
selamat mencoba video tutorial ini .
1 comments:
gambarnya gk kebaca.
Post a Comment